Manual mutu ini merupakan implementasi  manajemen  mutu  Universitas Satyagama  dan merupakan persyaratan sistem manajemen mutu yang harus dipenuhi oleh unit-unit kerja di lingkungan Universitas Satyagama. Secara garis besar, di dalam manual ini dijelaskan mengenai pihak yang harus melaksanakan standar dan tahapan kegiatan yang harus dilakukan dalam rangka memenuhi setiap Standar SPMI Universitas Satyagama.

Tujuan Manual Mutu

Manual Mutu ini bertujuan untuk :

  1. Menggariskan proses utama yang terkait langsung ataupun tidak langsung dengan layanan pendidikan di Universitas Satyagama, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi ataupun tindakan perbaikan untuk menjamin adanya perbaikan berkelanjutan layanan pendidikan di Universitas Satyagama dalam memenuhi keinginan pelanggan.
  2. Menjelaskan hubungan berbagai aktivitas yang terkait dalam proses di atas.
  3. Menjelaskan integrasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
  4. Mencerminkan komitmen Universitas Satyagama dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam bentuk tertulis, sehingga dapat dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proses layanan pendidikan di Universitas Satyagama.

Dokumen Manual SPMI Universitas Satyagama terdiri dari :

  1. Manual Evaluasi
  2. Manual Pelaksanaan
  3. Manual Penetapan
  4. Manual Pengawasan
  5. Manual Pengendalian

Adapun fungsi Manual SPMI Universitas Satayagama adalah sebagai panduan bagi pelaksana standar yang terdiri dari para pimpinan unit kerja, baik dari unsur pelaksana akademik, penunjang akademik, dan pelaksana administrasi serta dosen dan tenaga kependidikan dalam  memenuhi bahkan melampaui indikator ketercapaian Standar SPMI Universitas Satyagama.