DiplomaSarjanaMagisterDoktorKhusus
Tentang Kami    
Dewan Pengurus
Staff Pengajar
Program Studi
Keunggulan
LPPM
Alumni
Kerjasama
Akademik Sarjana
Akademik Pasca

Digital Library

Hubungi Kami
x

HUBUNGI KAMI



 

untuk e-mail login

 

Doktor Ilmu Manajemen Pemerintahan

Akreditasi Dikti No. 148/D/T/2002 Tanggal 25 januari 2002

Dasar Penyelenggaraan Program Doktor

Program Doktor Ilmu Manajemen Pemerintahan diselenggarakan berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tanggal 25 Januari 2002 No. 148/D/T/2002 tentang Penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Pemerintahan jenjang Strata 3 pada Universitas Satyagama.

Visi Program Doktor Ilmu Pemerintahan

Menjadikan Program Doktor yang dapat dipakai sebagai panutan (referensi) dalam kepeloporan penyelenggaraan Program Pendidikan Strata 3 (Doktor) Ilmu Manajemen Pemerintahan yang berkualitas dengan standar kompetansi keilmuan yang tinggi serta berwawasan Nasional dan Internasional.

Tujuan Program Doktor

Menghasilkan lulusan yang secara akademik Unggul berjiwa Pancasila dengan integritas moral dan ilmiah yang berkualitas yang mampu berpikir sistematis, kreatif, inovatif, terampil dan berwawasan luas dalam Ilmu Manajemen Pemerintahan. Juga mampu melakukan telaah yang cermat untuk mencari jalan keluar secara akademis atas permasalahan kompleks dalam masyarakat serta melakukan penelitian mandiri dan mengkoordinir penelitian. Lulusan juga mempunyai motivasi tinggi dalam melaksanakan tanggung jawab yang diembannya, mempunyai komitmen yang bersih, dan memiliki keterampilan tinggi dalam pengembangan Ilmu Manajemen Pemerintahan.

Kurikulum, Beban Studi dan Lama Pendidikan

Program Doktor diselenggarakan mengikuti sistem Satuan Kredit Semester (sks) dengan beban studi 46 sks untuk peserta lulusan Magister ilmu Pemenntahan (MIP). Untuk peserta lulusan Non MIP harus menempuh Mata Kuliah Prerequisit dengan beban studi 12 sks yang dapat ditempuh dalam 1 semester reguler atau 2 semester pendek.

Lama pendidikan Program Doktor untuk peserta lulusan MIP adalah sekitar 4 semester ,sedangkan untuk peserta lulusan Non MIP adalah 4 semester atau kurang, ditambah Prerequisit 1 semester.

Prerequisit Untuk Peserta Lulusan Non MIP

Semester Pendek I Prerequisit
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 MKP-1 Manajemen Pemerintahan
3
2 MKP-2 Teori Pemerintahan Daerah
3
  Sub Jumlah
6
Semester Pendek II Prerequisit
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 MKP-3 Metodologi Ilmu Pemerintahan
3
2 MKP-4 Filsafat dan Etika Pemerintahan
3
  Sub Jumlah
6

Distribusi Mata Kuliah dan Disertasi Program Doktor

Semester I
No. Kode Mata Kuliah
SKS
1 MKU-1 Filsafat Ilmu
2
2 MKU-2 Metodologi Penelitian
2
3 MKU-3 Teknik Analisa Data dan Informasi
2
4 MKU-4 Teori Perubahan Sosial
2
5 MKU-5 Berpikir Kesisteman
2
6 SMW-1 Seminar
-
  Sub Jumlah
10
Semester II
No. Kode Mata Kuliah
SKS
1 MKK-1 Isu-isu Pemerintahan dan Politik
2
2 MKK-2 Ekologi Pemerintahan
2
3 MKK-3 Isu-isu Ekonomi Pembangunan Daerah
2
4 MKK-6 Ilmu Manajemen Pemerintahan Kontemporer
2
5 MKK-7 Teori Pengambilan Keputusan
2
6 SMW-2 Seminar
-
  Sub Jumlah
10
Semester III
No. Kode Mata Kuliah
SKS
1 SMK Seminar Kelas
2 UKL Ujian Kualifikasi
3 SUP Seminar Usulan Penelitian
  Sub Jumlah A
Semester IV
No. Kode Mata Kuliah
SKS
1 SHP-1 Sidang Hasil Penelitian I  
2 SHP-2 Sidang Hasil Penelitian II (Konsep Disertasi)
3 DST-1 Ujian Naskah Disertasi (Ujian Tertutup)
4 DST-2 Ujian Disertasi (Ujian Terbuka)
  Sub Jumlah B
Jumlah A dan B
28
Jumlah seluruh beban studi Program Doktor
48

Syarat Penerimaan Sebagai Peserta Program

  1. Berijazah Magister dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dengan program studinya memenuhi ketentuan Depdiknas, atau yang disamakan (terakreditasi).

  2. Mengajukan Surat Lamaran tertulis yang ditujukan kepada
    Program Pasca Sarjana Universitas Satyagama
    dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan dan dilengkapi lampiran:
      1. Curriculum Vitae dan copy KTP
      2. Copy Ijazah Magister dan Transkrip nilai yang dilegalisir.
      3. Sertifikat TOEFL untuk yang sudah memiliki.
      4. Draft Proposal Rencana Penelitian Disertasi yang akan ditulis (Synopsis 3 s/d 5 halaman A4 dengan 2 spasi huruf Times New Roman 12), untuk yang sudah memiliki.
      5. Rekomendasi dan 2 orang Guru Besar atau pembimbing waktu S2 yang mengenal kemampuan pelamar (dalam sampul tertutup).
      6. Pas foto warna terbaru (background merah) 3 x 4, 4 x 6 masing-masing 5 lembar.
      7. Surat Pernyataan kesanggupan membayar semua biaya pendidikan dan Penanggung Jawab biaya pendidikan.
      8. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter.

  3. Mengikuti test Potensi Akademik serta seleksi Administratif.

Waktu Perkuliahan

  1. Program Reguler, kuliah diadakan 2 kali dalam 1 minggu.
  2. Program Eksekutif, kuliah pada setiap hari Sabtu.
  3. Program Khusus, diselenggarakan untuk peserta Program Eksekutif karena hambatan lokasi untuk mengikuti kuliah setiap hari Sabtu ke Kampus Universitas Satyagama Jakarta secara terus-menerus. Kuliah dimungkinkan dilaksanakan setiap 1 bulan atau 2 bulan sekali dalam beberapa hari terus-menerus secara penuh di Kampus Universitas Satyagama, Jakarta dengan jumlah pertemuan yang sama dengan Program Reguler maupun Eksekutif. Tugas Terstruktur dan Belajar Mandiri diatur tersendiri dengan jumlah jam mengikuti ketentuan-ketentuan akademik.
  4. Tempat Kuliah Program Doktor dan Program Magister diselenggarakan di:

    MENARA JAMSOSTEK, TOWER B (Selatan) Lt12,
    Jl.Gatot Subroto No.38 Jakarta 12710
    Telp. (021) 2501577, 2501578, 2501579
    Fax. (021) 2501580

     

     

 

News Satyagama

Kepada seluruh mahasiswa dapat mempergunakan fasilitas Free Hotspot di sekitar area kampus.

klik untuk panduan login..

 

Fasilitas Satyagama Digital Library dapat dipergunakan untuk seluruh mahasiswa

klik untuk panduan penggunaan..

 

Telah diresmikannya Gedung Serbaguna Universitas Satyagama yang terletak di kampus Cengkareng

Selengkapnya..

 

Dibukanya pintu gerbang barat dan utara untuk masuk kampus satyagama

selengkapnya..

book

kembali ke awal
Dibuat oleh Pusat Informasi Online Universitas Satyagama
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi kami .